11 Manfaat Membaca

11 Manfaat  Membaca

Membaca adalah kegiatan memahami teks bacaan dengan tujuan untuk memperoleh informasi dari teks yang kita baca bahkan untuk mendapatkan hiburan atau kesenangan tertentu. membaca sangatlah penting bagi kehidupan.


maka dari itu kita di haruskan belajar membaca dari kecil dengan di masukkan nya Seorang anak ke Sekolah Dasar ( SD ) untuk mempelajari dan mengenal Huruf - huruf atau angka yang mereka tidak kenal sebelumnya, banyak sekali manfaat yang di dapat dari kegiatan membaca, bahkan di negara Jepang, setiap orang kemana - mana membawa buku untuk di baca saat di menunggu kereta di stasiun , menunggu tiket, menunggu makanan, teman, pacar dsb. berikut ini manfaat yang kita dapat dari kegiatan membaca.
 
1. Membaca dapat mengusir perasaan was-was, kecemasan, dan kesedihan.
2. Membaca dapat menghindarkan seseorang agar tidak tenggelam dalam hal – hal yang batil.
3. Membaca dapat menjauhkan kemungkinan seseorang untuk berhubungan dengan orang – orang yang menganggur dan tidak memiliki aktivitas.
4. Membaca dapat melatih lidah untuk berbicara dengan baik, menjauhkan kesalahan ucapan dan menghiasinya dengan balaghah dan fashahah.
5. Membaca dapat mengembangkan akal, mencerahkan pikiran dan membersihkan hati nurani.
6. Membaca dapat meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan daya ingat serta pemahaman.
7. Dengan membaca orang dapat mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain, kebijaksanaan kalangan bijak bestari, dan pemahaman ulama.
8. Mematangkan kemampuan seseorang untuk mencari dan memproses pengetahuan, untuk mempelajari bidang – bidang pengetahuan yang berbeda, dan penerapannya dalam kehidupan nyata.
9. Menambah keimanan, khususnya ketika membaca buku – buku karangan kaum muslimin. Sebab buku merupakan pemberi nasehat yang paling agung, pendorong jiwa yang paling besar, dan penyuruh kepada kebaikan yang paling bijaksana.
10. Membaca dapat membantu pikiran agar lebih tenang, membuat hati agar lebih terarah, dan memanfaatkan waktu agar tidak terbuang percuma.
11. Membaca dapat membantu memahami proses terjadinya kata secara lebih detail, proses pembentukan kalimat, untuk menangkap konsep dan untuk memahami apa yang berada di balik tulisan.


 Tentu masih banyak sekali bukan manfaat positif yang di dapat dari kegiatan membaca ini, maka dari itu marilah kita budayakan membaca/literasi, dari manapun sumber bacaan nya yang penting positif karena sekarang semakin canggih dengan smartphone mencari informasi ataupun dari buku pelajaran dan koran, untuk menciptakan generasi muda yang lebih baik dan berdaya saing tinggi. 



























Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
15 March 2017 at 21:42 delete

ia sob.. pepatah juga mengatakan membaca jembatan ilmu.. jadi untuk generasi muda perbanyaklah membaca buku...

Reply
avatar
20 April 2018 at 11:48 delete

saya sering sekali membaca untuk menenangkan pikiran saya

Reply
avatar

Ketentuan Berkomentar :

1. Link Aktif tidak akan Di tampilkan.
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel ( sara, pornography, provokasi dan promosi produk )
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan

Selamat Berkomentar ... :) EmoticonEmoticon